Thursday, December 3, 2009

Tips Menghapus Cache Telkomsel Flash



Mungkin teman-teman pernah mengalami masalah yang saya alami yaitu pada saat membuka suatu blog atau website dengan menggunakan telkomsel flash, walaupun website yang kita buka sudah terdapat post atau tulisan baru namun kita masih melihat tulisan lama. Hal ini karena telkomsel flash masih menyimpan cache website yang kita buka sehingga kita tidak melihat perubahan apa-apa.

Hal yang paling mengjengkelkan yaitu pada saat teman-teman yang mempunyai blog dan ingin merubah template blog, dilakukanlah otak-atik file HTML-nya atau hanya menggunakan tempate gratisan. Namun, pada saat ingin melihat template baru, lho...??? kog masih muncul template yang lama, apa belum ke-simpan, coba lagi dech... he... Akhirnya kog masih muncul yang lama, nah itu fungsi cache menyimpan halaman (page) website yang pernah kita kunjungi.

Singkat kata untuk mengatasi hal yang menyebalkan seperti itu, tidak perlu kemahiran khusus. Hanya perlu menekan dua tombol pada halaman yang kita kunjungi.

Tekan tombol Ctlr+F5 (Control dan F5)

Kalau biasanya ingin refresh halaman website kan tinggal tekan tombol F5 dan kali ini hanya perlu tambah 1 tombol saja. Try it.... it works...

Cache sebenarnya juga berfungsi mempercepat penampilan halaman website, karena misalnya server website yang kita tuju berada diluar negeri maka otomatis akan mengalami sedikit kelambatan, jadi dengan cache kita hanya membuka dari server ISP kita (dalam negeri). Namun, hal ini menguntungkan jika website yang kita kunjungi bersifat statis, jika tidak maka kita akan ketinggalan informasi.

NB: Mungkin hal ini bisa dialami pengguna lainnya yang bukan menggunakan Telkomsel Flash, atau mungkin hanya situs yang berasal dari luar negeri yang disimpan cache oleh Telkomsel Flash

No comments: