Pages

Wednesday, December 2, 2009

Bahan UTS LED

Berikut merupakan sedikit ringkasan tentang materi LED yang kita pelajari, kemungkinan materi yang disampaikan tiap dosen berbeda, namun semua berdasar dari sumber yang sama. Ujian menggunakan soal paralel (kumpulan soal dari semua dosen yang mengajar LED pada semester ini), sehingga berdasarkan merupakan soal kasus yang berhubungan dengan teori di bawah ini:

Ide (Idea) merupakan bagaimana saya dapat...
  • menciptakan sesuatu hal yang baru (create)
  • menambah nilai lebih dari produk yang ada (value added)
  • keuntungan (profit)
  • memperbagai (diversity)
Cara menghasilkan ide:
  • observasi dan keinginan untuk menyelesaikan masalah
  • ingin membantu orang
  • meniru dari orang lain
  • menambah baik benda/ barang yang sudah ada
  • penemuan baru
  • teknologi baru
  • memenuhi tahap keinginan yang meningkat
  • daya saing
  • kekurangan sumber daya
Peluang usaha ditinjau dari beberapa aspek yaitu:
  1. Pasar
  2. Persaingan
  3. Keinginan konsumen/ pelanggan
  4. Kekuatan-kekuatan kita
  5. Kelemahan-kelemahan kita
Marketing MIX (4P):
  • Product
  • Price
  • Promotion
  • Place
Teknik untuk memahami produk "Aspinwall Classification System", yang mengelompokkan produk menjadi 5 variabel, yaitu:
  • Replacement Rate - seberapa sering produk tersebut dipesan oleh pengencer/ konsumen
  • Gross Margin - seberapa besar rata-rata keuntungan yang dihasilkan oleh tiap produk
  • Buyer Goal Adjustment - seberapa besar rentang segmen konsumen yang bisa dicapai
  • Duration of Product Satisfaction - seberapa lama produk tersebut bermanfaat bagi pembeli 
  • Duration of Buyer Search Behaviour - seberapa lama konsumen mencari dan membeli produk tersebut 
Teori Kebutuhan MASLOW


Materi Kuliah Download disini:
PPT (UIB) Materi LED  (12,5 MB)
PDF Materi LED (3,46 MB)
NB: Soal kemungkinan berbentuk kasus, pelajari Pertemuan 1-7 saja

No comments: